Social Media Specialist Pengertian dan Tugasnya
Pembahasan artikel pada kali ini yaitu tentang Social Media Specialist Pengertian dan Tugasnya. Pada saat mendengan kata social media specialist, apakah yang tergambarkan oleh Anda? Apakah seseorang yang bertanggung jawab menangani media sosial ataupun seorang pekerja yang berkewajiban membuat konten dan mempostingnya di media sosial. Tidak salah jika Anda memikirkan hal seperti itu, namun apa sebenarnya social media specialist dan apakah pekerjaannya sebatas membuat dan memposting konten saja? Simak artikel berikut ini.
Social media specialist adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam menciptakan konten dan menaikan brand awareness di media sosial suatu bisnis atau perusahaan dengan cara yang kreatif dan inovatif.
Tugas Ataupun Job Desk Social Media Specialist
Tidak hanya membuat konten di media sosial, namun social media specialist umumnya juga menjadi bagian dari customer service dan community engagement. Dalam membuat konten, seorang social media specialist harus memperhatikan konten yang cocok dengan perusahaan atau produk yang dijual dan memantau konten yang lagi trend atau lagi viral.
Pada umumnya berikut ini tugas atau jobdesk seorang social media specialist:
- Membuat konten yang kreatif dan unik yang sesuai dengan bisnis atau produk yang dijual.
- Membuat Membuat jadwal posting di kalender editorial
- Melakukan riset marketing pada media sosial yang ada
- Mengerti Produk atau jasa yang sedang dipromosikan
- Membantu menjawab pertanyaan konsumen
- Membuat laporan kinerja konten yang telah dibuat, seperti dilihat berapa kali dan disukai sebanyak berapa kali.
- Mencari dan bekerja sama dengan KOL (Key Opinion Leader) contohnya seperti influencer dan content creator professional
KPI (Key Performance Indicator) Dalam Social Media Specialist
Setelah selesai membuat suatu postingan konten, tugas seorang social media specialist tidak sampai disitu saja melainkan juga harus melihat performa dari konten dan strategi yang telah dibuat/diposting. Apakah relevan ataupun sesuai dengan rencana awal.
Berikut ini KPI dalam social media specialist:
- Follower, Dari konten atau strategi di media sosial seberapa banyak orang yang mengikuti atau follow akun sosial media suatu bisnis atau perusahaan
- Impressions, Seberapa banyak konten yang telah di posting tampil atau dilihat orang di media sosial
- Shares, yaitu banyaknya konten yang telah di buat dibagikan oleh sesame pengguna media sosial
Social media specialist juga memiliki metriks atau alur yang harus dilakukan dalam menjalankan tugas sebagai social media specialist, Sebagai berikut:
- Reach
- Engagement
- Conversions
- Referrals
- Response rate and time
- Share of voice
Skill Yang Harus Dimiliki Social Media Specialist
Dalam menjalankan tugas sebagai social media specialist skill yang dimiliki harus sesuai dan mumpuni, agar dapat memudahkan pekerjaan sebagai social media specialist
Berikut ini skill yang harus dimiliki social media specialist
- Mengerti dan bisa menggunakan platform media sosial atau platform pendukung lainnya
- Lancar dan baik dalam berkomunikasi
- Bisa membuat alur storytelling
- Bisa mengikuti dan selalu up to date tentang tren yang terjadi
- kreatif dan inovatif
- Memiliki kemampuan dasar design
- Kemampuan analisis yang kuat
- Bisa berkolaborasi antar tim atau dengan KOL
- Memiliki mengatur waktu atau memiliki time management yang baik
Mengapa Social Media Specialist Diperlukan?
1. Menjangkau customer sebanyak-banyaknya
Saat ini platform media sosial hampir digunakan oleh seluruh kalangan terutama di Indonesia yang penduduknya sangat aktif di media sosial dan tak jarang juga banyak yang mencoba membeli suatu produk melalui media online seperti media sosial. Karena hal itu menggunakan jasa social media specialist dapat menggiring calon customer yang luas dan mencakup ke seluruh penjuru negeri bahkan luar negeri.
2. Alur algoritma media sosial sering berubah
Media Sosial memiliki sistem alur atau algoritma nya masing masing, jadi dengan adanya seorang social media specialist bisa membantu tetap up to date mengenai sistem algoritma yang ada di media sosial
Contohnya, ada suatu media sosial yang mengutamakan waktu publish/posting agar banyak dilihat di jam dan waktu tertentu, ada juga beberapa platform media sosial yang lebih memprioritaskan relevansi atau kecocokan konten dengan audiens.
Algoritma umum yang diterapkan dalam sosial media sebagai berikut ini:
- Interest, ketertarikan audiens dengan konten yang di posting, contohnya jika memposting tentang produk pakaian, postingan tersebut berkemungkinan besar muncul di di feed audiens yang sedang mencari hal tentang baju.
- Relationship, memiliki hubungan lebih dari sekedar menonton atau melihat, misalnya postingan akan berkemungkinan besar muncul dengan audien yang pernah berinteraksi dengan akun bisnis atau perusahaan Anda baik itu dengan cara like, comment ataupun share.
- Relevance, Umumnya saat ini media sosial menaikkan konten atau postingan yang menyangkut hal yang sedang trending atau viral.
3. Membantu tracking campaign dan reporting
Social media specialist dapat membantu menghandle campaign atau strategi yang di lakukan di media sosial, dan membuat laporan performa konten dan performa akun bisnis atau perusahaan di media sosial.
Selesai sudah pembahasan kita pada artikel kali ini yaitu tentang Social Media Specialist Pengertian dan Tugasnya. Apakah Anda sedang mencari Jasa Social Media Specialist ataupun Jasa Digital Marketing? Konsultasikan permasalahan anda dengan williamliu.asia.
Apa itu williamliu.asia ?
williamliu.asia adalah salah satu konsultan Digital Marketing Agency yang berbasis di Jakarta dan Medan. Terdiri dari tim profesional ahli dan praktisi digital Indonesia, williamliu.asia menawarkan Jasa Desain Web, Jasa Ads atau Iklan Online dan jasa digital marketing lainnya untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Jika anda berminat untuk konsultasi ataupun Sewa Jasa Social Media Specialist silahkan mengunjungi link berikut ini https://williamliu.asia ataupun bisa langsung konsultasi (gratis) di no HP/WA ini 081375556969 Terimakasih dan semoga ilmu ini dapat bermanfaat.
Baca artikel menarik tentang teknologi lainnya di sini