Tangkahan, Keindahan Dari Langkat Sumatera Utara

Share Sekarang !

Hai sobat Creo, kembali lagi kali ini admin akan membahas informasi tempat objek wisata yang ada di Sumatera Utara yakni Tangkahan. Tangkahan, The Hidden Paradise di Sumatera Utara merupakan julukan yang cocok untuk tempat yang satu ini. Sebagian besar kita tidak banyak yang tahu dan Tangkahan ini sudah lama dikenal oleh turis mancanegara, terutama bagi mereka yang berada di luar Pulau Sumatera.

Padahal terdapat tempat-tempat indah yang bisa dijadikan tujuan wisata bagi anda yang ingin menikmati suasana hutan serta alam yang masih terjaga.

Tangkahan terletak di antara dua desa yaitu Namo Sialang dan Sei Serdang. Bagi orang Medan mendengar kata Tangkahan pasti akan terngiang dengan “Gajah”. Ya, memang karena tangkahan dikenal sebagai tempatnya gajah-gajah liar dan sungai yang berada di sini sangat jernih dan masih terjaga kebersihannya.

Ekowisata Tangkahan hadir di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Kabupaten Langkat. Tangkahan mulai ramai dikunjungi karena panorama alamnya yang menakjubkan dan kesegaran udara yang disuguhkan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Berbagai macam pohon yang tumbuh serta vegetasi hutan tropis berpadu dengan lahan berbukit-bukit menjadikan Ekowisata Tangkahan tidak hanya sekadar tempat wisata namun juga dapat menjadi tempat belajar mengenai alam, mahluk hidup, flora dan fauna.

Hutan Tangkahan umumnya sangat lebat di mana terdapat sungai, air terjun, air panas, lembah bahkan tumbuhan langka seperti Raflessia juga ada di tempat ini. Tak heran jika turis mancanegara mulai melirik Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara sebagai tujuan wisata sejak dahulu kala.

Jika anda tidak puas dengan hanya menikmati pemandangan alam di Tangkahan, banyak kegiatan yang bisa anda lakukan seperti arung jeram di Sungai Alas, mengunjungi tempat rehabilitasi satwa langka orangutan sumatera yang pertama kali dilakukan oleh WWF dan Frankfurt Zoological Society 1973 di Bukit Lawang.

Kawasan dengan daftar jenis burung terpanjang di dunia mencapai 380 spesies serta 129 spesies mamalia ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengamati berbagai keanekaragaman hayati dan fauna yang terdapat di hutan Tangkahan. Topografi bukit dengan tebing cocok bagi yang hobi panjat tebing, mendaki gunung, dan berkemah.

penginapan di tangkahan langkatTidak sulit mencapai lokasi Tangkahan karena tersedia alat transportasi seperti bus yang siap mengantarkan anda hingga ke tujuan. Jika wisatawan dari luar pulau, setibanya di Bandara Kualanamu, anda bisa menggunakan Damri ke Terminal Pinang Baris lalu dilanjutkan menuju Tangkahan. Waktu perjalan kurang lebih 4-5 jam. Di Tangkahan biasanya ada pemandu wisata yang siap mengantarkan ke berbagai tempat yang ingin anda kunjungi. Untuk para pengunjung yang berniat tinggal dalam beberapa hari, tak perlu khawatir karena telah tersedia berbagai tempat penginapan seperti Bamboo River Lodge, Green Lodge, Jungle Lodge, dan Tangkahan Inn.

Menurut informasi harga penginapan di tempat ini lumayan terjangkau namun tetap dengan kualitas serta pelayanan yang baik, hanya berkisar Rp 100.000 – Rp 170.000. Cukup murah bukan? Anda akan benar-benar dimanjakan saat berada di Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara.

Apabila ingin ke kawasan ekowisata, terlebih dahulu harus melewati Sungai Batang Serangan yang memiliki arus cukup deras. Terdapat rakit sebagai alat penyeberangan, usahakan tetap waspada saat anda naik rakit namun tak perlu takut. Nikmati sensasi berada di atas rakit di tengah derasnya arus sungai.

Kolom Komenter Facebook

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *