Pesona Air Terjun Bukit Gibeon Tobasa

Share Sekarang !

Sumatera Utara memang terkenal dengan berbagai objek wisatanya, baik itu berupa air terjun, pantai, pegunungan, maupun objek wisata alam lainnya. Seperti halnya air terjun yang lagi hits-hitsnya di Sumatera ini, yakni air terjun Bukit Gabeon. Bukit Gibeon dengan wisata alamnya yang indah dan mempesona merupakan objek wisata yang menjadi ikon Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Objek wisata yang berada di Desa Parsaoan Sibisa, Kecamatan Ajibata ini dibangun oleh pengusaha putra daerah Tobasa, DL Sitorus.

Bukit Gibeon dirancang ditengah-tengah panorama indahnya alam pedesaan Parsaoran Sibisa yang masih steril dari polusi udara dan berada di antara hamparan pebukitan Gibeon. Kolam renang dan wisata rohani Bukit Gibeon menawarkan ketakjuban alam semesta, kolam renang bermuara dari mata air Gibeon yang mengalir ke lembah Bukit Gibeon dan dirancang menjadi 2 unit kolam renang.

Dinamakan Air Terjun Bukit Gibeon, karena berada di Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG). Sebenarnya bukit gibeon merupakan sekolah misionaris (sekolah pendeta). Pusat Seminari Bukit Gibeon sendiri memiliki banyak fasilitas antara lain Rumah Doa berbagai ukuran kapasitas ruangan, Menara Doa, Gereja, Ruang Penginapan peserta retreat untuk pria dan wanita, Ruang Makan, Aula dan Ruang Belajar, Sekretariat, Fasilitas Ibadah Padang, Ruang Terbuka/Taman, Fasilitas Api Unggun, Dapur & Halaman Parkir.

Kolam renang dan objek wisata rohani Bukit Gibeon salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Ini dikarenakan memiliki fasilitas kolam renang yang unik, airnya bersumber dari mata air Bukit Gibeon tanpa menggunakan pompa air dan tempatnya strategis dengan suasana alam yang sejuk nan hijau.

Air Terjun Gibeon

Kolam renang Bukit Gibeon menjadi tujuan pariwisata karena letaknya strategis aksesnya terjangkau. Namun ada sedikit kendala, karena jalan simpang Bukit Gibeon atau gapura pintu masuk dari ruas Jalan Siantar Toba dan Aek Natolu macet karena pasar tradisional setiap hari Minggu sepanjang akses utama menuju Bukit Gibeon.

“Mudah-mudahan Pemkab Tobasa melalui instansi terkait mampu mengatasi persoalan ini, dengan mengalokasikan pasar agar akses pintu utama masuk ke Bukit Gibeon tidak kelihatan kumuh,” kata salah seorang pengunjung dari Kota Medan.

Baca Juga : Indahnya Wisata Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara

Objek wisata Gibeon dibuka mulai sekira pukul 08.00-20.00 WIB. Memasuki Bukit Gibeon ada beberapa objek wisata yang patut dikunjungi. Ini mulai dari objek wisata rohani penginjilan Bukit Gibeon yang menyimpan sejarah Alkitab dan perkakas ibadah zaman Perjanjian Lama. Selanjutnya hamparan lahan yang tertata rapi sepanjang perjalanan menuju objek wisata Bukit Gibeon.

Menurut Humas Bukit Gibeon, S Sitorus, lokasi ini masih dalam tahap pembangunan, seperti menambah unit kolam renang. Pasalnya kolam renang yang sudah ada tidak mampu menampung pengunjung istemewa pada hari libur. Selain membangun kolam renang, pihak Bukit Gibeon juga akan menyediakan arena bermain anak-anak dan kolam rekreasi sepeda air serta restoran.

Penasaran ingin merasakan nikmatnya mandi dibawah air terjun ini? langsung saja deh ke Bukit Sigeon dan Nikmati segarnya air terjun dan keindahan pemandangan alam bukit Sigeon.

Kolom Komenter Facebook

Related posts:

One thought on “Pesona Air Terjun Bukit Gibeon Tobasa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Category & Post View
ANEKA
TRAVEL
KULINER
OLAHRAGA
OTOMATIF
KESEHATAN
PROPERTI
ENTERTAIMENT
TEKNO
BISNIS