Jika Google Diblokir Pemerintah, Apa Yang Akan Terjadi?

Share Sekarang !

Opsi pemerintah yang akan memblokir perusahaan raksasa Google bukan lah tanpa sebab. Karena perusahaan tersebut dalam permasalahan tagihan pajak yang tidak sesuai dengan yang diajukan oleh pemerintah. Google Indonesia dikabarkan menolak pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Ditjen Pajak. Ditjen Pajak mengatakan akan melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap indikasi pelanggaran pajak diduga dilakukan oleh Google Indonesia.

Pihak Google Indonesia memberikan besaran pajak yang tidak sesuai dengan permintaan pemerintah. Namun jika kedua belah pihak ngotot dengan besaran pajak yang ditawarkan, tidak menutup kemungkinan Pemerintah Indonesia akan bertindak tegas dengan menutup akses Google guna mempertahankan martabat bangsa yang harus dipertahankan melalui anggaran pajak dari pihak perusahaan asing yang berdiri di Indonesia tersebut. Lalu bagaimana jika Google benar-benar di blokir oleh pemerintah Indonesia? Apakah masyarakat akan beralih ke search engine lainnya seperti halnya mesin pencarian Baidu buatan Cina atau Bing, Yandex atau sebagainya?

Nah berikut ini perkiraan yang akan terjadi jika Google benar-benar di blokir oleh pemerintah Indonesia.

  1. Tidak ada Android.
    Bagi pecinta Android atau pengguna HP Android harus rela kehilangan aplikasi dari HP tersebut, bahkan akan berdampak kepada HP anda karena H tersebut memiliki system operasi Android yang merupakan hasil kerja sama Google dengan Android.
  2. Youtubers Akan Punah
    Belakangan ini perkembangan channel YouTube di Indonesia sangat tinggi. Ini enggak terlepas dari semakin banyaknya anak-anak muda Indonesia memanfaatkan YouTube sebagai lahan bisnis baru. Sebut aja artis-artis YouTube yang mampu meraup keuntungan berlimpah sekali membuat video. Tentunya pemblokiran YouTube yang diusulkan oleh ICMI dapat mengganggu lahan pekerjaan mereka selama ini, pada akhirnya YouTubers pun akan punah.
  3. Akun Adsense Blogger Akan Punah
    Demikian juga dengan para blogger Indonesia akan kehilangan pemasukannya melalui Akun Adsense yang mereka miliki. Bahkan selama ini ada masyarakat yang menggantungkan hidupnya melalui Blog yang dikelolahnya menjadi halaman yang di monetisasi dengan akun Adsense mereka.
  4. Susah Mengerjakan Skripsi
    Bagi kamu yang sekarang sedang berada di posisi mahasiswa tingkat akhir, pastinya akan merasakan betul manfaat dari “mbah Google”. Google merupakan solusi jitu bagi mahasiswa tingkat akhir untuk mencari referensi ilmu-ilmu dari sudut pandang lain. Nah apa jadinya kalau Google suatu saat diblokir? Google enggak diblokir aja masih banyak mahasiswa yang telat lulus. Apalagi kalau Google diblokir, durasi lulus kamu pun akan semakin lama.
  5. Sumber Informasi Menjadi Berkurang
    Meskipun ICMI mendesak pemerintah untuk segera memblokir Google dan YouTube karena mengandung banyak konten pornografi, nyata di kedua situs tersebut juga masih banyak ditemui informasi-informasi positif yang sangat berguna. Karena sudah kita tahu bersama, semua hal bisa ditemukan hanya dengan browsing di Google. Atau pun ketika butuh edukasi visual, kamu tinggal buka YouTube. Tentunya andai Google dan YouTube resmi diblokir, kamu akan kekurangan sumber informasi.
  6.  Kemunduran Teknologi
    Ya coba deh kamu enggak menggunakan Google selama sebulan, mungkin hidupmu akan hampa bagai butiran debu. Kamu pun akan merasakan bagaimana rasanya hidup di jaman batu lagi. Hal yang paling jelas jika Google dan YouTube diblokir seperti apa yang telah dirokemdasikan oleh ICMI, barang tentu akan membuat Indonesia mengalami kemunduran dalam bidang teknologi.
  7. Pengangguran Akan Bertambah
    Ya jelas pengangguran akan semakin bertambah di Indonesia, terutama bagi para pengusaha yang mendirikan perusahaan Starup dibidang Ecommerce atau dibidang digital marketing yang mengandalkan fitur dari Google seperti layanan jasa iklan PPC Google, Jasa Pembuatan program Android atau layanan jasa SEO. Tidak bisa dibayangkan jika ini benar-benar terjadi.
  8. Orang Akan Beralih Ke Search Engine Lainnya
    Seperti halnya dengan negara Cina yang mampu membuat search engine nya sendiri melalui Baidu, apakah Indonesia mampu membuatnya juga. Atau hanya bisa menggunakan search engine lainnya yang sudah ada seperti Yandex, Yahoo, Bing dan sebagainya.
  9. Orang Akan Banyak Kehilangan Emailnya
    Ya bagi pemilik email gratis Gmail, akan gigit jari tidak bisa lagi menggunakan email dalam kegiatan pekerjaannya. Bagi mereka yang tidak begitu mengerti tentang teknologi dan sudah terlanjur menggunakan email sebagai media pengiriman pesan elektronik, mungkin akan merasa kebingungan menggunakan layanan email lainnya seperti Yahoo Mail.

Nah menurut kamu, apalagi dampak yang terjadi jika Google dan Youtube diblokir? Lantas apakah Google masih bisa diakses menggunakan proxi misalnya. Utarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

By. Armansyah.

Kolom Komenter Facebook

Satu tanggapan untuk “Jika Google Diblokir Pemerintah, Apa Yang Akan Terjadi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *