Akhirnya Uji Coba Bus Kangkang Dilakukan

Share Sekarang !

Kita akui bahwa negara Cina berambisi untuk menciptakan teknologi di berbagai bidang, salah satunya adalah di dunia transportasi untuk mengatasi kemacetan di negaranya. Nah, kali ini berita tentang bus kangkang yang sempat membuat kagum dunia dalam sebuah pameran teknologi pada awal tahun ini – akhirnya melaju di jalanan umum di Cina, untuk menguji klaim para penggagasnya yang mengklaim bahwa bus raksasa itu bisa mengatasi masalah kemacetan di kota-kota besar dunia.

Transit Elevated Bus (TEB), nama keren dari bus raksasa itu, diuji di jalanan kota Qinhuangdao, Provinsi Hebei pada pekan ini. Bus sepanjang 22 meter, lebar 7,8 meter, dan tinggi 4,8 meter itu bisa mengangkut 300 penumpang.

Seperti julukannya, bus kangkang, ia dirancang mirip panggung. Saat beroperasi TEB akan melaju di atas mobil-mobil lainnya di jalan, sehingga tidak akan dihalangi oleh kemacetan. Kolongnya yang luas masih bisa dilewati oleh dua buah mobil.

“Kelebihan utama bus ini adalah ia menyisakan banyak ruang di jalan,” kata Song Youzhou, pemimpin proyek TEB, yang juga menambahkan bahwa bus itu bisa mengurangi kemacetan hingga 30 persen.

Setiap bus TEB, klaim Song, bisa menggantikan 40 bus konvensional dan menghemat lebih dari 800 ton bahan bakar. TEB, yang bertenaga listrik, lebih murah dioperasikan, infrastrukturnya memakan biaya lebih kecil, serta lebih mudah dibangun dibandingkan sistem transportasi massal lainnya seperti MRT.

Song juga mengatakan bahwa negara-negara seperti India, Prancis, dan Brasil tertarik untuk mengadopsi teknologinya ini.

Kolom Komenter Facebook

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *