Mau Ceria Di Hari Tua ? Terapkan Hidup Sehat Mulai Sekarang ! #AksiSehatCeria

Share Sekarang !

Ada pepatah kuno yang berbunyi “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”. Yap, itulah yang sering didengungkan oleh orang tua kita dan sering ditekankan sejak usia masih kecil. Namun bagi kaum millenials sekarang kata kata tersebut seolah tidak mempan dan hanya berupa ocehan orang tua mereka belaka yang menurut mereka tentunya sudahlah tidak zaman now dan berbeda dengan zaman sekarang yang sudah serba praktis.

Sudah bukanlah sebuah rahasia lagi, dengan semakin meningkatnya perekonomian seseorang , semakin tinggi pula resiko seseorang terjangkit suatu penyakit karena gaya hidup yang tidak sehat. Zaman dulu, kebanyakan orang yang terkena serangan penyakit jantung itu di usia yang sudah senja dan rata rata diatas 50 tahun, dibandingkan dengan zaman sekarang? Tidak jarang teman, saudara ataupun orang lain yang kita lihat tiba tiba terjangkit penyakit jantung dan tiba tiba meninggal karenanya di usia yang padahal relatif muda (usia 20 – 30) ,tak hanya penyakit jantung namun juga penyakit lainnya seperti diabetes, kolesterol tinggi hingga kanker dan penyakit menular lainnya seakan tak pilih pilih usia lagi.

Makanan enak tapi tak sehat seolah kita abaikan demi kenikmatan sesaat ditambah lagi dengan gaya hidup yang jauh dari kata sehat seperti tidur larut malam, bangun siang, merokok, alkohol. Semuanya dilakukan dan sudah menjadi rutinitas setiap harinya dan menjadi petaka di kemudian harinya.

Banyak statement ataupun bantahan yang sering kita lakukan apabila ada yang mengingatkan untuk menjaga pola hidup sehat, seperti  “makanan enak kog gak dimakan, aneh”, “sehat gak sehat itu nanti, kalaupun nanti sakit kan bisa ke dokter, nanti kasihan dokternya gak ada pasien”, “ hidup mati itu sudah ada yang ngatur, enjoy aja!”. Yap pasti banyak diantara kalian yang sering mendapat sanggahan seperti itu bukan ?

Mari kita renungkan dan tinggalkan ego sesaat. Lebih penting mana coba? Menjaga kesehatan tubuh dan pola hidup yang benar agar kondisi tubuh tetap sehat agar dapat hidup lebih lama dan melihat anak cucu kita dewasa nantinya.

Atau

Menjadi sakit, hanya berbaring di atas tempat tidur pesakitan dan merepotkan orang di sekitar kita ? Tanamkan dalam benak kita, apabila kita sakit, tidak hanya kita yang menderita, tapi juga keluarga dan orang terdekat kita. Yang paling menyedihkan adalah kehancuran finansial, karena sakit itu tidak murah, sudah banyak kasus kesehatan yang menyebabkan mereka terjerumus dalam kehancuran finansial. Mereka menghabiskan biaya besar untuk kesehatan yang sebenarnya ialah gratis jika kita mampu menerapkan pola hidup yang baik dan teratur sejak dini .

Selagi kita masih sehat dan muda, haruslah kita berpikir lebih jauh ke depannya. Bahwa hidup kita tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk pasangan kita, anak-anak dan keluarga kita.

Menjaga pola hidup yang baik untuk kesehatan sebenarnya tidaklah sulit.Kita hanya perlu menyisihkan sedikit waktu saja tentunya dengan kedisiplinan serta tekad yang kuat. Berikut kami akan sajikan Tips #AksiSehatCeria bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

1. Olahraga Yang Teratur

Apabila kita secara rutin berolahraga terutama olahraga yang memacu detak jantung seperti jalan cepat, lari, bersepeda, berenang selama 30 menit setiap harinya sehingga kita akan memiliki kapasitas paru-paru dan jantung yang lebih sehat. Bila masih belum terbiasa, mulailah dengan jalan kecil misal ke suatu tempat ataupun apabila terdapat perkarangan yang cukup luas di rumah, lakukanlah dengan jalan kecil mengitari perkarangan rumah anda.

2. Pola Makan

Semua orang suka makanan yang enak, tetapi dalam jumlah yang pas, apabila berlebihan tentunya tidak baik. Kurangilah jenis makanan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi seperti makanan bersantan, dan perbanyak asupan serat seperti sayuran dan buah untuk memperlancar pencernaan dan tentunya kesehatan tubuh.

3. Gaya Hidup

Poin ini cukuplah penting dan tak jarang sebagian penyakit timbul karena gaya hidup yang tidak sehat. Jagalah kesehatan seperti istirahat yang cukup, idealnya tidur malam selama 7-8 jam (jam tidur yang baik ialah jam 10 malam hingga 6 pagi). Menjaga asupan gula. Menghindari rokok, minuman alkohol dan tentunya narkoba. Banyak mengkonsumsi air putih, dan mengurangi aktivitas duduk. Apabila aktivitas mewajibkan anda duduk berdirilah sekitar 5 menit. Intinya badan harus terus bergerak untuk melancarkan aliran darah dan membuat otot lebih rileks.

4. Donor Darah

Poin yang satu ini terdengar mengerikan bagi orang yang takut akan jarum suntik.  Namun tahukah kamu bahwa donor darah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh selain untuk menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan donor darah. Dilansir oleh DokterSehat, donor darah mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan berat badan hingga mendeteksi penyakit.

Baca selengkapnya : Manfaat donor darah

So, setelah membaca tulisan di atas marilah kita berkewajiban untuk memelihara tubuh kita dengan baik dan memulai hidup sehat sekarang agar kita tidak menyesal di kemudian harinya. Kesehatan tubuh adalah investasi jangka panjang yang sangat berharga, tidak hanya bagi kita, tapi juga bagi orang-orang di sekeliling kita. Jagalah keceriaan orang lain dimulai dari diri kamu sendiri.

Kolom Komenter Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *