Cantik Dengan Buah Markisa Ala Markisamedan

Share Sekarang !

Tanaman Markisa adalah flora yang bersifat tahunan, dengan batang menjalar dan dibudidayakan untuk dikonsumsi buahnya. Markisa dikonsumsi segar maupun diolah menjadi berbagai macam olahan sepertisirup markisa, es krim, salad, selai ataupun sari buah. Diduga ada 300 jenis tanaman markisa di dunia dimana mayoritas terdapat di kawasan hangat dan lembab. Saat ini jenis tanaman markisa yang banyak ditemui di Indonesia adalah markisa Medan yang ditanam di dataran tinggi Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Buah markisa memiliki kandungan vitamin yang mengandung vitamin A, C, K, juga E. Selain dari vitamin tersebut buah markisa juga mengandung fospor, magnesium, kalium, zat besi, karoten, energi, protein, serat, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, juga asam lemak esensial. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah markisa menjadi sumber antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas sendiri menjadi penyebab utama dari penuaan dini pada kulit atau tubuh kita. Maka tidak heran jika kandungan buah markisa di manfaatkan untuk mengatasi iritasi, mengencangkan kulit, serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Lalu berikut beberapa manfaat buah markisa untuk kulit wajah :

  • Mencegah penuaan dini kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah markisa menjadi sumber antioksidan alami yang dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas. Kedua kandungan tersebut sangat membantu dalam mencegah juga memperlambat penuaan dini atau anti aging. Kandungan vitamin C pada buah markisa dapat membantu dalam pembentukan kolagen di dalam sel kulit. Sehingga kulit lebih awet muda, kencang, dan segar.
  • Mengatasi iritasi Kulit yang mengalami iritasi di sebabkan oleh adanya bakteri yang berkembang biak ataupun alergi terhadap jenis bahan tertentu. Luka iritasi disertai dengan pembengkakan ringan dapat diatasi dengan manfaat buah markisa. Buah markisa memiliki sifat anti-inflamasi sehingga yang dapat meredakan iritasi ringan hingga pembengkakan di kulit.
  • Menjaga elastisitas kulit Seiring dengan bertambahnya usia tentunya elastisitas kulit pun semakin rendah. Akibatnya kulit menjadi kendur dan bergelambir. Menjaga elastisitas kulit sangatlah penting agar kulit tetap kencang dan awet muda. Buah markisa memiliki kandungan vitamin C yang tinggi pembentuk kolagen. Tidak hanya itu buah marikisa mengandung asam linoleat dan oleat yang dapat membantu kinerja kolagen lebih optimal. Sehingga elastisitas kulit akan tetap terjaga, dan kulit terasa lebih kenyal dan lembab.
  • Melembabkan kulit Kulit kering cenderung lebih rentan erjadap timbulnya keriput. Kandungan minyak alami dalam sel kulit membuat kulit lebih lembab dan segar. Kulit yang lembab tentunya mengurangi resiko di datangani masalah kulit keriput. Buah markisa memilki sifat yang dapat menyeimbangkan kadar minyak dala kulit. Mengaplikasikan buah markisa sebagai masker dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit. Buah markisa juga sangat cocok untuk kulit kering maupun kulit berminyak.
  • Peremajaan kulit Peremajaan kulit memiliki peranan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain membuat kulit lebih segar, peremajaan kulit dapat mengatasi kerutan ataupun garis halus. Manfaat buah markisa untuk meremajakan kulit memang bukan isapan jempol semata. Buah markisa mengandung zat karotenoid yaitu zat yang dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak. Zat antioksidan yang ada pada buah markisa lainnya yaitu zat beta-karoten yang dapat mengahambat proses penuaan dini dan zat antioksidan tersebut dapat larut dalam lemak tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan kulit, terutama kulit wajah untuk kecantikan kita. Mengonsumsi buah markisa tidak hanya sebatas langsung dari buahnya saja, melainkan bisa juga dikonsumsi dari olahan sirup buah markisa tersebut. Salah satu sirup markisa yang terkenal adalah Sirup Markisa Medan.

Sumber : http://www.markisamedan.com/blog/manfaat-buah-markisa-untuk-kesehatan-kulit

Kolom Komenter Facebook

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *