Bentuk Kepedulian PT. Nabire Baru Dibidang Pendidikan

Share Sekarang !

Sebagai perusahaan skala nasional dibidang perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Nabire Papua, cita-cita perusahaan selain menjadi maju adalah berkeinginan juga untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Itu artinya, baik pihak internal (perusahaan) maupun eksternal (masyarakat sekitar) menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk sama-sama bersinergi membangun perusahaan maupun daerah tersebut disegala berbagai bidang.

Sebagai contoh, perusahaan bertanggung jawab juga untuk memberikan bentuk kepeduliannya dibidang pendidikan yang dikemas melalui bantuk tanggung jawab perusahaan yang disebut corporate social responsibility (CSR). Dari program inilah banyak bantuan atau kepedulian perusahaan yang disalurkan untuk memajukan masyarakat maupun daerah yang ada disekitar perusahaan.

Bentuk kepedulian yang dilakukan oleh PT. Nabire Baru di bidang pendidikan misalnya adalah dengan memberikan berbagai bantuan beasiswa bagi para siswa, mahasiswa maupun para guru bantu yang ada di Kabupaten Nabire Papua. (Baca : Program Beasiswa Untuk Siswa Berprestasi). Kita ketahui bahwa pendidikan yang ada di tanah Papua seperti di kabupaten Nabire Baru ini tidaklah sama dengan kondisi pendidikan yang ada di daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Pengaruh budaya, topografi dan minimnya infrastruktur menjadi permasalahan klasik yang ada di pedalaman Papua. Kondisi tersebut membuat masyarakat setempat khususnya para pelajar kesulitan dalam menjalani pendidikannya. Walaupun adanya berbagai kebijakan maupun bantuan yang diberikan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan setempat dalam memberikan kemudahan untuk para pelajar di pedalaman Papua untuk mengikuti proses belajar di setiap sekolah-sekolah mereka, namun masih ada saja kendala yang dihadapi mereka.

Pengaruh budaya dan kondisi alam inilah yang menjadi faktor utama rendahnya minat belajar bagi masyarakat setempat. Ditambah kondisi ekonomi yang tidak merata, menjadikan pendidikan merupakan sesuatu yang mahal dan sulit untuk didapatkan.

Melalui permasalahan tersebut, PT. Nabire Baru yang merupakan perusahaan yang ada di tanah Papua, turut merasa bertanggung jawab dengan kondisi tersebut. Selain itu, untuk perusahaan juga menginginkan agar masyarakat setempat mendapatkan pendidikan yang sama dengan daerah-daerah lainnya melalui berbagai program bantuan pendidikan seperti bantuan fasilitas sekolah, bantuan tenaga pengajar dan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi maupun yang kurang mampu.

Bantuan beasiswa inilah yang disalurkan oleh PT. Nabire Baru melalui Yayasan Agro Harapan Lestari yang mereka kelolah yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat, baik yang ada di Kabupaten Nabire Papua maupun yang ada di Kalimantan Tengah. Bagi perusahaan pendidikan merupakan modal utama untuk menghasilkan bibit-bibit muda berprestasi yang merupakan penerus bangsa dalam memajukan perekonomian negara dan kemajuan disegala bidang. Apalagi banyaknya anggota keluarga para karyawan maupun staf perusahaan yang membutuhkan pendidikan dalam kehidupan sehari-harinya disekitar perusahaan.

Bantuan beasiswa ini nantinya dan kedepannya akan terus disalurkan kepada siswa, mahasiswa maupun para guru bantu yang membutuhkannya, agar proses belajar dan pendidikan yang ada di Papua khususnya di Kabupaten Nabire, tidak tertinggal jauh dengan daerah-daerah lainnya atau bahkan diharapkan bisa bersaing dengan daerah lain tersebut. Mendapatkan persamaan pendidikan yang merata dan baik inilah nantinya yang diharapkan masyarakat setempat dan akan menjadi cikal bakal atau generasi penerus cita-cita perusahaan maupun bangsa dan negara dalam memberikan sumbagsihnya berupa pemikiran, karya dan prestasi disegala bidang.

Semoga bentuk kepedulian yang diberikan PT. Nabire Baru dibidang pendidikan menjadi harapan baru dan menjadi bentuk tanggung jawab dan rasa kepedulian perusahaan yang  mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat setempat.

Peran dari masyarakat dan pemerintah juga diharapkan untuk bersama-sama terus saling membahu satu sama lainnya dalam memajukan Kabupaten Nabire khususnya, dan semua daerah lainnya umumnya yang ada di pedalaman maupun pelosok tanah air. Sehingga pendidikan menjadi merata dan mendapatkan pelayanan yang sama.

Kolom Komenter Facebook

Related posts:

2 thoughts on “Bentuk Kepedulian PT. Nabire Baru Dibidang Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *